Mengurai Makna dan Kemuliaan Sholat Tahajud


Oleh: Ayu  lestari **

Tahajud itu sendiri berasal dari kata al-hujud yang atinya bangun dari tidur. Sholat tahajud juga disebut dengan Sholat malam. Walaupun Sholat sunnah seperti witir, hajat di lakukan pada malam hari, namun yang dimaksud Sholat malam disini adalah Sholat tahajud. Sholat ini hukumnya sunah muakkad yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Derajatnya sedikit dibawah Sholat wajib.

Baca Juga: 212 Menjadi Populer Di Dunia Maya

Pada masa-masa awal dakwah Rasulullah Muhammad SAW dikisahkan bahwa sebelum disyariatkannya Sholat wajib lima waktu, Sholat malam ini adalah Sholat wajib. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang artinya: “hai orang yang berselimut (muhamad), bangunlah untuk sembahyang di malam hari, kecuali sedikit dari padanya, yaitu seperdua dan kurangilah dari seperdua itu sedikit atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah al-qur’an dengan perlahan-lahan”.(QS.Muzammil).

Sholat tahajud merupakan Sholat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari, dengan jumlah rakaat paling sedikit dua rakaat. Adapun pelaksanaan Sholat tahajud ini biasa dilakukan antara Sholat isya dengan Sholat subuh, pada setiap dua rakaat diakhiri dengan membaca salam. Sholat tahajud juga disebut Sholat malam yang dikerjakan setelah bangun tidur, meskipun waktu tidurnya hanya sebentar atau beberapa menit saja. Billa Sholat sunah ini dilakukan sebelum tidur, maka tidak dinamakan Sholat tahajud.

Waktu pelaksanaan Sholat tahajud sebaiknya dilaksanakan pada waktu seprtiga malam karena di anggap sebagai waktu yang mustajab untuk berhubungan dengan Allah SWT. Kemuliaan Sholat pada waktu sepertiga malam juga dinyatakan dalam sebuah hadits yang artinya “puasa yang paling utama setelah ramadhan adalah puasa bulan muharam dan Sholat yang wajib ialah Sholat pada tengah malan” (Ahmad dan uslim).

Kemudian Sholat tahajud mempunyai beberapa kemuliaan tersendiri. Pertama, Sholat tahajud ini lebih utama dari dunia dan isinya. Maksudnya adalah Sholat sunah ini dianggap lebih utama dari dunia dan sisi lain yang berbentuk sunnah dan biasa dikerjakan ummat muslim setiap harinya. Bahkan seandainya tidak memberatkan, Sholat ini bisa menjadi Sholat wajib. Kedua, Sholat sunnah ini memberikan cara/ jalan yang mudah agar bisa lebih dekat dengan Allah SWT, mendapatkan keridhoan Allah SWT, hingga dikagumi/ dimulikan oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan hadits nabi yang artinya “lihatlah hambaku ia bangun karena menginginkan dan merindukan yang ada disisiku” (HR.Ahmad).

Kemudian kemuliaan Sholat sunnah tahajud yang ketiga ialah merupakan tiket masuk surga bagi manusia. Komunikasi yang dilakukan makhluk dengan sang penciptanya untuk memohon ampunan atas segala dosa perdosa dalam hidup, dan dari sisi kesehatan juga diduga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh/ mampu meningkatkan ketahanan tubuh melalui proses kelenturan persendian tulang yang dihasilkan dari sholat malam ini. Keempat, Sholat sunnah ini bisa memberikan kemenangan bagi manusia dalam melawan setiap godaan syetan. Kelima, Sholat sunnah malam ini dapat dijadikan tanda bagi orang-orang yang bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, dan Allah SWT akan membalasnya dengan anugerah bidadari di Surga kelak nanti.

Lalu bagaimana caranya agar kita senantiasa dapat menjalankan Sholat sunnah ini?. Banyak sekali diantara kita inggin menjalankan sholat sunnah ini, tapi terkadang tidurnya suka kebablasan. Berikut ini saya akan coba berikan kiat berdasarkan pengalaman saya. Pertama, niatkan dengan tekad yang kuat untuk melakuan sholat tahajud dimalam hari. Kedua, jangan terlalu mengandalkan alarm, karena itu akan menganggu ketenangan sewaktu tidur. Ketiga, bila sudah bangun jangan tidur lagi, karena pada malam berikutnya pasti akan kesulitan untuk bangun di malam hari. Keempat, jangan makan terlalu banyak sebelum tidur, sebab ketika perut merasa kenyang, maka tubuh biasa akan mudah tidur ter-lelap. Kelima, pada siang hari usahakanlah istirahat yang cukup (antar 15’-60’ menit) agar pada malam hari tidak terasa kecapaian karena kurang istirahat, sehingga harapannya tidur malam tidak terlalu lelap dan kita akan dengan mudah bisa bangun untuk melaksanakan sholat malam.
Waallahua’lam bisshowab.

Tentang Penulis **
Penulis alumni PAI-IAI BBC yang pernah aktif sebagai pengurus dewan eksekutif mahasiswa periode 2014-2015. Penulis pernah menjadi model hijab di azzura, model hijab kuningan. Menamatkan Pendidikan Menengah Atas di SMA Negeri 1 Jalaksana. Mahasiswi kelahiran Kuningan Jawa Barat yang saat ini tinggal di kota Cirebon.

Comments

Popular posts from this blog

Biografi Lengkap Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

Biografi Lengkap Arip Amin

Soal UAS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan STKIPM Kuningan