Skripsi Pendidikan Biologi, Penggunaan Multimedia Tutorial pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMA
Skripsi Pendidikan Biologi, Penggunaan Multimedia
tutorial pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk meningkatkan Hasil
Belajar siswa di Kelas XI SMA
Abstrak: Tita Nurhayati
Proses
belajar mengajar tidak lepas dari interaksi guru dengan siswa, dimana interaksi
tersebut bertujuan agar siswa mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru dan
bisa mencapai hasil yang diinginkan. Kemajuan teknologi komputer saat ini
berkembang sangat pesat, sehingga software-software yang terdapat di dalam komputer
mampu membuat multimedia pembelajaran yang sangat menarik. Multimedia yang
menggabungkan dua unsur atau lebih yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang
dapat dioprasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang
dikehendaki untuk proses selanjutnya. Multimedia tutorial merupakan program
yang didesain untuk berperan sebagai tutor siswa dan berisi penyajian konsep
materi pembelajaran, gambar, video serta latihan-latihan yang digunakan
langsung oleh pengguna.
Tujuan
dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji aktivitas siswa yang menggunakan
pembelajaran multimedia tutorial
dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran multimedia tutorial pada materi sistem sirkulasi manusia; (2) untuk
mengkaji perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan
pembelajaran multimedia tutorial
dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran multimedia tutorial pada materi sistem sirkulasi manusia; (3) dan
untuk mengkaji respon siswa terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan multimedia tutorial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan model penelitian pretest-posttest control group design.
Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan angket. Populasi dalam
penelitian ini adalah 288 siswa kelas XI SMA Negeri 5 Cirebon. Pengambilan
sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive
sampling yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31
siswa dan kelas XI MIA 5 sebaagi kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa.
Analisis data hasil penelitian diketahui bahwa: (1)
rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen 0.59 sedangkan pada kelas kontrol 0.28,
(2) hasil pengujian prasyarat uji beda dilakukan dengan uji independent sample t test dengan
perolehan nilai 0,000
< 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol, sehingga hipotesis awal Ho ditolak.
Analisis
hasil pengamatan diketahui bahwa: (1) terdapat kenaikan aktivitas siswa yang
signifikan pada kelas eksperimen daripada kenaikan aktivitas siswa pada kelas
kontrol, (2) adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan
pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol, (3) adanya respon yang sangat
kuat terhadap penggunaan multimedia
tutorial.
(Bagi rekan-rekan mahasiswa yang mau nyusun skripsi Pendidikan Biologi dan variabel ini dianggap jadi bahan penelitian relevan mangga Download BAB I disinih, BAB III disinih, dan Lampiran-lampiran disinih.)
Comments
Post a Comment