Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Etos Kerja Guru

Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Etos Kerja Guru

ABSTRAK

Drs. H. Muchtar. Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Etos Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Cirebon. Tesis. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh manajerial kepala sekolah terhadap etos kerja  guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Cirebon, 2) Pengaruh kompetensi guru terhadap etos kerja guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Cirebon, dan 3) Pengaruh manajerial kepala sekolah terhadap kompetensi guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kota Cirebon Jawa Barat. Hipotesis penelitian adalah: 1) Terdapat pengaruh langsung positif manajerial kepala sekolah terhadap etos kerja guru, 2) Terdapat pengaruh langsung positif kompetensi guru terhadap etos kerja guru, 3) Terdapat pengaruh langsung positif manajerial kepala sekolah terhadap kompetensi guru.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kausalitas statistik. Target populasi dalam penelitian ini seluruh guru PNS pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Cirebon sebanyak 486 orang guru. Namun dikarenakan dengan segala keterbatasan baik waktu maupun finansial, maka peneliti menentukan target populasi terjangkau yang dilakukan melalui metode proporsional random sampling, yaitu mengambil populasi dari guru yang mengajar di SMA Negeri 1, 4, dan 9 yang mewakili SMA Negeri kelas atas, tengah dan bawah sehingga diperoleh target populasi terjangkau sebanyak 105 orang guru. Data dikumpulkan dengan kuesioner Manajerial Kepala Sekolah (koefisiensi α > 0,05), kuesioner Kompetensi Guru (Koefisiensi α > 0,05), dan kuesioner Etos Kerja Guru (koefisiensi α > 0,05). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial sedangkan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis jalur (partial correlations).
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif Manajerial Kepala Sekolah (X1) terhadap Etos Kerja Guru ( 3). Kekuatan pengaruh antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien (P31) sebesar 0,786, dan persamaan regresi 3= -0,115+1,346X1. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Kompetensi Guru (X2) terhadap Etos Kerja Guru ( 3). Kekuatan pengaruh keduanya ditunjukkan dengan koefisien (P3.2) sebesar 0,514 dan persamaan regresi 3= 27,611+0,995X2. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Manajerial Kepala Sekolah (X1) terhadap Kompetensi Guru ( 2). Kadar pengaruh X21 ditunjukkan dengan koefisien korelasi (PX21) sebesar 0,678, dan persamaan regresi 2 = 14,095+0,901X1.
Model analisis jalur regresi memiliki kecocokan dengan data dimana, 78,6 % varians didalam Etos Kerja Guru dapat dijelaskan oleh Manajerial Kepala Sekolah, dan 51,4% Etos Kerja Guru dapat dijelaskan melalui variabel Kompetensi Guru. Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa manajerial kepala sekolah dapat mewujudkan Etos Kerja Guru secara langsung melalui kepemimpinannya, maupun secara tidak langsung melalui perwujudan Kompetensi Guru yang kompetitif dan profesional.



ABSTRACT

H. Muchtar. The Influence of Principal Managements and Teachers Competences Toward job Etos Teachers of Senior High School in Cirebon City. Theses. Jakarta: University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012.

This research aims at studying 1) the influence of school principal management toward teachers job ethos teachers, 2) the influence of teacher competences toward job ethos teacher, 3) the influence of school principals management toward teacher competences at Senior High School in Cirebon City West Java. The hypotheses are: 1) there will be a direct effect of school principals managements on teacher ethos job; 2) there will be a direct effect of teachers competences on teacher ethos job; 3) there will be a direct effect of school principals managements of teachers competences.
The research used survey method with causality aproach and statistic method. The research population were all work civilization of teachers of Senior High School in Cirebon City consist of 468 persons of teacher. Because limited of finance and time, researcher taken it by used proportional random sampling, from teachers were teaching at Senior High School 1, 4, and 9 and taken the target population, consist of 105 persons of teacher. Data was collected by school principal management questionnaire (coefficient α > 0.05), teachers competences questionnaire (coefficient α > 0.05), and job ethos teachers questionnaire (coefficient α > 0.05). Data was analyzed by descriptive and inferential statistics and the hypothesis was tested by partial correlations analysis.
The results are: First, there is a positive direct effect of school principal management (X1) toward job ethos teachers ( 3). The strange of both shows by coefficient (P31) = 0,786, and same of regretion 3= -0.115+1.346X1. It mean the influence is high. Second, there is a positive direct effect of teacher competences (X2) toward job ethos teachers ( 3). The strange of both shows by coefficient (P3.2) = 0,514 and same of regretion 3= 27.611+0.995X2. Third, there is a positive direct effect of school principal management (X1) toward teacher’s competence (X2). The influence X21 shows by coefficient correlations (PX21) = 0.678, and same regretion 2= 14.095+0.901X1).

Partial mode analysis with data, 78.6% varians of teacher’s job ethos could be explained by school principal management, and 51.4% teacher’s job ethos could be explained by variable of teachers competences. The result of research, imply that school principal management can increase job ethos teacher directly through the leadership, or by competitive and professionalism of teachers competences indirectly.

Popular posts from this blog

Biografi Lengkap Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

FILSAFAT DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Soal UAS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan STKIPM Kuningan