Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Etos Kerja Guru
Drs.
H. Muchtar. Pengaruh
Manajerial Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Etos Kerja Guru di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Cirebon. Tesis.
Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh manajerial kepala
sekolah terhadap etos kerja guru Sekolah
Menengah Atas Negeri Kota Cirebon, 2) Pengaruh kompetensi guru terhadap etos
kerja guru Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Cirebon, dan 3) Pengaruh manajerial
kepala sekolah terhadap kompetensi guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Kota
Cirebon Jawa Barat. Hipotesis penelitian adalah: 1) Terdapat pengaruh langsung
positif manajerial kepala sekolah terhadap etos kerja guru, 2) Terdapat
pengaruh langsung positif kompetensi guru terhadap etos kerja guru, 3) Terdapat
pengaruh langsung positif manajerial kepala sekolah terhadap kompetensi guru.
Penelitian ini
menggunakan metode survey dengan pendekatan kausalitas statistik. Target
populasi dalam penelitian ini seluruh guru PNS pada Sekolah Menengah Atas Negeri
di Kota Cirebon sebanyak 486 orang guru. Namun dikarenakan dengan segala
keterbatasan baik waktu maupun finansial, maka peneliti menentukan target
populasi terjangkau yang dilakukan melalui metode proporsional random sampling, yaitu mengambil populasi dari guru
yang mengajar di SMA Negeri 1, 4, dan 9 yang mewakili SMA Negeri kelas atas,
tengah dan bawah sehingga diperoleh target populasi terjangkau sebanyak 105
orang guru. Data dikumpulkan dengan kuesioner Manajerial Kepala Sekolah
(koefisiensi α > 0,05), kuesioner Kompetensi Guru (Koefisiensi α > 0,05),
dan kuesioner Etos Kerja Guru (koefisiensi α > 0,05). Data dianalisis dengan
statistik deskriptif dan inferensial sedangkan pengujian hipotesis menggunakan
teknik analisis jalur (partial
correlations).
Hasil penelitian
menunjukkan: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif Manajerial Kepala
Sekolah (X1) terhadap Etos Kerja Guru (
3).
Kekuatan pengaruh antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien (P31) sebesar 0,786, dan persamaan
regresi
3=
-0,115+1,346X1. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Kompetensi
Guru (X2) terhadap Etos Kerja Guru (
3).
Kekuatan pengaruh keduanya ditunjukkan dengan koefisien (P3.2) sebesar 0,514 dan persamaan regresi
3=
27,611+0,995X2. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Manajerial
Kepala Sekolah (X1) terhadap Kompetensi Guru (
2).
Kadar pengaruh X21 ditunjukkan dengan koefisien korelasi (PX21) sebesar 0,678, dan
persamaan regresi
2
= 14,095+0,901X1.
Model analisis
jalur regresi memiliki kecocokan dengan data dimana, 78,6 % varians didalam Etos
Kerja Guru dapat dijelaskan oleh Manajerial Kepala Sekolah, dan 51,4% Etos
Kerja Guru dapat dijelaskan melalui variabel Kompetensi Guru. Hasil penelitian
mengandung implikasi bahwa manajerial kepala sekolah dapat mewujudkan Etos
Kerja Guru secara langsung melalui kepemimpinannya, maupun secara tidak
langsung melalui perwujudan Kompetensi Guru yang kompetitif dan profesional.
ABSTRACT
H. Muchtar. The Influence of Principal
Managements and Teachers Competences Toward job Etos Teachers of Senior High School in Cirebon City. Theses. Jakarta: University
of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012.
This
research aims at studying 1) the influence of school principal management toward
teachers job ethos teachers, 2) the influence of teacher competences toward job
ethos teacher, 3) the influence of school principals management toward teacher
competences at Senior High School in Cirebon City West Java. The hypotheses
are: 1) there will be a direct effect of school principals managements on
teacher ethos job; 2) there will be a direct effect of teachers competences on
teacher ethos job; 3) there will be a direct effect of school principals
managements of teachers competences.
The
research used survey method with causality aproach and statistic method. The research population were all work civilization of
teachers of Senior High School in Cirebon City consist of 468 persons of
teacher. Because
limited of finance and time, researcher taken it by used proportional random
sampling,
from teachers were teaching at Senior High School 1,
4, and 9 and taken the target population, consist of 105
persons of teacher. Data was collected by school principal management questionnaire (coefficient α > 0.05), teachers competences questionnaire
(coefficient α > 0.05), and job
ethos teachers questionnaire (coefficient α > 0.05). Data was analyzed by descriptive and inferential
statistics and the
hypothesis was tested by partial correlations analysis.
The
results are: First, there is a positive direct effect of school principal management (X1)
toward job
ethos teachers (
3).
The strange of both shows by coefficient (P31) = 0,786, and same of regretion
3= -0.115+1.346X1.
It mean the influence is high.
Second, there is a positive direct effect of teacher competences
(X2) toward job ethos
teachers (
3).
The strange of both shows by coefficient (P3.2)
= 0,514 and same of regretion
3= 27.611+0.995X2.
Third, there is a positive direct effect of school principal management (X1) toward teacher’s
competence (X2). The influence X21 shows by coefficient correlations
(PX21) = 0.678, and same
regretion
2= 14.095+0.901X1).
Partial
mode analysis with data,
78.6% varians of teacher’s job ethos could be explained by school principal management, and 51.4% teacher’s job ethos could be explained by
variable of
teachers competences. The
result of research, imply that school
principal management can increase job ethos teacher directly through the leadership, or by competitive
and professionalism of teachers competences indirectly.