CONTOH DRAF JOB DESCRIPTION KARYAWAN
JOB DESCRIPTION KARYAWAN
PT. NUSA INDAH PRATAMA
Direktur
Utama
1.
Bertindak
sebagai pimpinan perusahaan yang Bertanggung Jawab terhadap Komisaris
Utama.
2.
Mengawasi
jalannya perusahaan dan memonitor seluruh hasil pekerjaan direktur yang
berada di bawahnya.
3.
Menerima
laporan perkembangan usaha dan menentukan kebijakan usaha berdasarkan laporan
yang diterima.
4.
Melakukan
Negosiasi Pembebasan Tanah.
5.
Melakukan
Akte Jual Beli Rumah.
6.
Bertanggung
jawab atas jalannya perusahaan secara keseluruhan.
Direktur
MSDM dan Marketing
1.
Bertanggung
jawab langsung terhadap Direktur Utama
2.
Bertanggung
jawab terhadap percepatan peningkatan kualitas sumber daya yang dimiliki
perusahaan.
3.
Memberikan
pengarahan serta menangani masalah yang timbul pada tingkat manajerial perusahaan.
4.
Melakukan
planing, Controling dan evaluating
terhadap seluruh sumber daya secara berkala (baik mingguan maupun bulanan).
5.
Memastikan
pelaksanaan brefing dan debreafing terhadap seluruh manajer perusahaan dalam
bidang-bidang kegiatan yang mempunyai kaitan dengan aktivitas pengelolaan staff
PT Nusa Indah Pratama baik harian maupun mingguan dan atau bulanan.
6.
Melakukan
koordinasi dengan seluruh staff PT untuk menampung keluhan, masukan serta
kebutuhan lain yang berkaitan dengan peningkatan kinerja staff.
7.
Merumuskan
rencana pengembangan karier karyawan dan mengkoordinasikan indikator penilaian
Kinerja pada setiap devisi.
8.
Memonitor
penerapan disiplin kerja berdasarkan tata tertib perusahaan.
9.
Melaporkan
secara berkala terhadap seluruh kegiatan MSDM kepada Direktur Utama dan atau
komisaris untuk merekomendasikan setiap hasil evaluasi bulanan agar ada tindak
lanjut.
10.
Merencanakan,
mengorganisir dan mengendalikan keseluruhan aktivitas dari penjualan unit
perumahan.
11.
Menentukan
kebijaksanaan dan perencanaan kegiatan pemasaran dalam jangka pendek atau
jangka panjang.
12.
Menciptakan
koordinasi yang terpadu dengan para manajer dalam bidang-bidang kegiatan yang
mempunyai kaitan dengan aktivitas penjualan perusahaan.
Direktur
Umum
1.
Bertanggung
jawab langsung terhadap Direktur Utama.
2.
Melakukan
Negoisasi/ re-negosiasi dengan pihak Perbankan mitra PT.
3.
Mengusulkan
permohonan ke Bank Mitra dan memfollow up SP3K/ SPP dari Bank Mitra.
4.
Melaporkan
setiap konsumen yang telah melakukan akad kredit dengan pihak perbankan kepada
Direktur Bidang Administrasi dan Keuangan untuk dilakukan Pemindah Bukuan
(pinbuk).
5.
Menyusun
SPH Tanah.
6.
Merumuskan
Peridzinan Lokasi pada tingkat RT, RW dan Desa/kelurahan sampai kabupaten/ kota
demi lancarnya pelaksanaan pembangunan diseluruh area PT Nusa indah pratama.
7.
Merumuskan
Peridzinan Alih Fungsi Lahan.
8.
Merumuskan
Peridzinan Peel Banjir.
9.
Pengesahan
Siteplan.
10.
Sertifikasi
Tanah Induk.
11.
Pengesahan
IMB Induk.
12.
Pengesahan
NIB.
13.
Splitezing
Tanah.
14.
Menyusun dan menyampaikan laporan bulanan kepada Direktur utama
Staff Direktur Umum
1.
Bertanggung jawab langsung kepada Direktur umum
2.
Membantu merealisasikan program dan kegiatan direktur umum
3.
Membantu semua proses penyelesaian Validasi (SSP dan BPHTB)
4.
Memandu Wawancara perbangkan bersama staff marketing
5.
Membantu melengkapi kelengkapan data konsumen yang akan di akadkan bersama
deng staff marketing termasuk melengkapi NPWP konsumen
6.
Melakukan kordinasi berkala dengan jajaran marketing
Manager
Marketing;
1.
Bertanggung
jawab langsung terhadap Direktur Marketing
dan MSDM
2.
Bertanggung
Jawab terhadap seluruh kegiatan staff Marketing secara keseluruhan.
3.
Menyusun Strategy pemasaran dan Program Kerja Marketing
sekaligus melakukan monitoring harian dan Mingguan.
4.
Memimpin
langsung aktivitas harian staff marketing melalui pelaksanaan breafing dan
debreafing rutin sesuai kebutuhan (membagikan tugas langsung kepada stafnya).
5.
Memonitor
hasil pekerjaan staff marketing yang berada di bawahnya.
6.
Menerima
laporan progres yang berkaitan dengan harian pemasaran.
7.
Mengawal
Wawancara dan Akad Kredit Konsumen di Bank Mitra PT.
8.
Memimpin
team marketing untuk melakukan pengumpulan data dan kelengkapan data konsumen
baik yang dibawa oleh staff marketing, staff lain maupun yang datang sendiri;
dengan kriteria terlampir, kemudian didokumentasikan dimarketing dan diserahkan
kepada staff admin.
9.
Memimpin
Penagihan DP atau sisa bayaran lain dari Konsumen.
10.
Menyetorkan
Setiap dana terserap dari konsumen maksimal dalam 24 jam efektif.
11.
Tidak
Melakukan Transaksi Langsung dalam bentuk apapun tanpa persetujuan Direktur
utama dan atau Komisaris.
Staff
Marketing
1.
Membantu
manager marketing dalam merealisasikan tugas pokok Marketing.
2.
Melakukan
pemetaan terhadap calon konsumen.
3.
Seluruh
team marketing bertanggung jawab mencari dan membawa minimal 1 orang konsumen
per bulan sesuai dengan ketentuan bank (akad kredit).
4.
Melakukan
penagihan DP atau sisa hutang lain dari Konsumen.
5.
Melengkapi
data calon konsumen yang tidak/ belum sesuai dengan kriteria Perbankan mitra.
6.
Melakukan
follow up terhadap seluruh calon konsumen.
7.
Menyetorkan
semua kelengkapan data konsumen kepada staff admin dan melaporkannya kepada
manager marketing.
Direktur
Operasional dan Area
1.
Bertanggung
jawab terhadap seluruh operasional kegiatan
pembangunan di wilayah area Perusahaan.
2.
Melakukan
koordinasi kedalam (team proyek/staf area, manajer Area) untuk menyiapkan
rencana kerja operasi proyek, meliputi aspek teknis, waktu, administrasi dan
keuangan proyek.
3.
Menyusun
strategi dan target pembangunan disetiap area.
4.
Melakukan
kordinasi dan komunikasi keluar dengan stakeholder demi lancarnya pelaksanaan
pembangunan diseluruh area PT. Nusa Indah Pratama.
5.
Menunjuk
Mitra Usaha untuk penyediaan bahan
bangunan dan membuat kesepakatan kerjasama secara tertulis, dan selanjutnya
dikoordinasikan dengan Direktur Bagian Administrasi dan Keuangan.
6.
Melakukan
kerjasama dan membuat kontrak kerja antara PT. Nusa
Indah Pratama dengan para Pemborong dan atau suplayer barang yang
selanjutnya dikeluarkan SPK untuk pemborong dan
atau suplayer setelah ada kesepakatan bersama di atas materai 6000.
7.
Melakukan
pengawasan dan pengendalian terhadap seluruh barang/ aset perusahaan.
8.
Melaksanakan
dan mengontrol operasional proyek sehingga operasi proyek dapat berjalan sesuai
dengan rencana (on track).
9.
Mengidentifikasi
dan menyelesaikan potensi masalah yang akan timbul agar dapat diantisipasi
secara dini.
10.
Menyusun
laporan/ progress bulanan
untuk dilaporkan kepada Direktur utama dan atau komisaris.
Manager
Area
1.
Bertanggung
jawab langsung kepada Direktur operasional dan
Area.
2.
Bertanggung
jawab terhadap seluruh aset perusahaan sesuai lokasi areanya serta bertanggung
jawab terhadap kegiatan pembangunan di areanya.
3.
Menyusun
Program Kerja Mingguan yang berkaitan dengan para pemborong dan pekerja harian
PT.
4.
Mengawasi
setiap pertumbuhan dan Perkembangan terhadap seluruh Pemborong Bangunan dan
pekerja harian.
5.
Menyusun
Kebutuhan Barang dan Bahan Bangunan yang Diperlukan yang kemudian diajukan
kepada Direktur Operasional Area.
6.
Menindak
tegas setiap pelanggaran yang dilakukan oleh pihak pemborong dan pekerja harian
PT di lapangan.
7.
Mengawasi
Kondisi Bangunan yang sedang dibangunan dan Kondisi fisik Bangunan dalam Tiga
Bulan setelah Akad dilangsungkan.
8.
Mendata
kavling rumah yang belum laku dan melakukan komunikasi, kordinasi dengan
manager marketing untuk segera dipasarkan kepada calon konsumen/ calon Pengguna, menyelesaikan setiap complain konsumen
berkenaan dengan sarpras dan atau bangunan yang akan dan telah di akadkan.
9.
Merawat
semua inventaris barang berat PT.
10.
Menyusun
dan mengkomunikasikan dalam bentuk lisan dan tertulis (Laporan Kemajuan
Pekerjaan proyek mingguan) kepada Direktur Operasional
dan Area.
Staff
Area
1.
Menyusun
rencana target dan progres harian dan diserahkan kepada Manager area.
2.
Mengawasi
lalu lintas barang dan menilai kualitasnya.
3.
Mengawasi
setiap Pemborong Bangunan dan langsung menegur jika ada beban kerja pemborong yang
tidak diselesaikan dengan baik.
4.
Mengambil
barang dari gudang langsung dikirim ke pemborong.
5.
Membetulkan
setiap kondisi lapangan yang mengalami kerusakan, khususnya jalan kendaraan
proyek.
6.
Mengecek
barang baik di gudang maupun di rumah-rumah yang telah diselesaikan Pemborong.
7.
Menarik
semua barang ke gudang jika ditemukan ada barang PT di luar gudang.
8.
Membetulkan
setiap kondisi lapangan yang mengalami kerusakan, seperti Rumah yang sudah jadi
tetapi belum ada konsumennya, mengawasi rumah yang sedang dibangun, mendata
kebutuhan yang diperlukan pemborong.
9.
Mengontrol
dan memperbaiki saluran / sanitasi perumahan, taman kompleks perumahan.
10.
Mendata
setiap kayu yang masuk ke PT.
11.
Menolak
Pengiriman Kayu yang Tidak Memenuhi Standar setelah dilakukan pengecekan.
12.
Mengadministrasikan
setiap Penggunaan Kayu oleh Pemborong.
13.
Menegur
Pemborong yang tidak Mengindahkan Ketentuan Penggunaan Kayu sesuai dengan SPK.
14.
Menyusun
perencanaan dan melakukan pemenuhan kebutuhan kayu sesuai dengan kebutuhan PT.
15.
Menyusun
laporan penerimaan dan pengeluaran kayu dari los kepada Manager area.
16.
Membuat
kalkulasi terhadap setiap pekerja kayu yang membutuhkan kasbon.
Direktur
Administrasi Dan Keuangan
1.
Menyusun
kebutuhan harian, mingguan dan bulanan pegawai.
2.
Dokumentasi
pembiayaan yang diusulkan setiap bidang/devisi PT.
3.
Meminta
persetujuan dari direktur utama dan atau komisaris pada setiap usulan
Pembiayaan.
4.
Membayar
beban perusahaan yang disetujui direktur utama.
5.
Membuat/ menyusun laporan keuangan Mingguan,
Bulanan dan Tahunan perusahaan.
6.
Menyusun
laporan pajak bulanan dan tahunan perusahaan
Nusa Indah Pratama.
7.
Melakukan
sirkulasi keuangan dengan menggunakan sistem perbankan dan tidak melakukan
transaksi secara langsung.
8.
Melakukan
kerjasama secara mutual untuk mengawal proses pencairan dan pinbuk keuangan
bersama direktur umum.
Admin PT
1.
Menyediakan
Company Profile PT dalam Bentuk Box atau Terjilid.
2.
Mendokumentasikan
data konsumen dengan bentuk softcopy dan hardcopy dengan sistem kluster dan
sistem koding.
3.
Melacak/
melakukan ceck list terhadap seluruh Data Konsumen PT, kemudian melaporkan
kekurangan data/berkas konsumen kepada manager marketing untuk segera ditindak
lanjuti dan dilengkapi.
4.
Mendokumentasikan
(membuat video dan atau photo) terhadap seluruh proses kegiatan wawancara dan
Akad Kredit Konsumen di Bank Mitra.
5.
Mendata
dan melaporkan setiap konsumen yang telah melakukan akad kredit dengan pihak
perbankan dan mencatat dana retensi PT yang dilaporkan kepada Wakil Direktur
Bidang Administrasi dan Keuangan untuk diasistensi.
6.
Menyusun Kebutuhan
ATK, serta menyiapkan semua format lembar kerja baik soft copy maupun hard kopi
yang berkaitan dengan proses dan penyelenggaraan administrasi kesekretariatan.
7.
Menyusun
dan mendokumentasikan absensi harian staff sesuai dengan jam kerja yang telah ditentukan.
8.
Mengelola,
menertibkan file polder pada sistem manual dan komputerisasi serta media
elektonik lainnya (e-mail/bloger/FB/TW) secara sistematis dan terstruktur.
Junitor
1.
Bertanggung
jawab terhadap seluruh kebersihan, pemeliharaan dan keamanan kantor.
2.
Memberikan
pelayanan yang terbaik kepada staff dan tamu perusahaan.
3.
Bertanggung
jawab terhadap seluruh kendaraan tamu dan personel selama jam kerja.
Diterbitkan di Cirebon pada
Hari Selasa tanggal 27 Nopember 2012
Mengetahui dan Menyetujui, Direktur
MSDM
Komisaris Utama PT
Nusa Indah Pratama
PT Nusa Indah Pratama
Ttd, Ttd,
Prof. Dr. H. Cecep Sumarna Arip
Amin, M.Pd
Comments
Post a Comment