Tips Menjawab Pertanyaan Kapan Nikah?



Oleh: Siti Nuraeni **
Sejatinya semua orang pasti akan menikah. Tetapi dengan siapa ?, waktunya kapan ? itu tidak ada yang dapat memastikannya. Sebagai manusia, kita tidak mempunyai kapasitas untuk mendahului ketentuan dan ketetapan Tuhan. Manusia hanya sekedar berencana dan ikhtiar saja. Untuk kelanjutannya hanya Allah-lah yang maha tahu. Banyak yang berasumsi bahwa menikah diusia muda adalah yang paling ideal bagi kebanyakan wanita. Tapi tentu itu tidak bagi wanita karir yang masih sibuk dengan dunia karirnya. Terlebih hidup dijaman modern seperti saat ini. Mereka lebih senang menghabiskan waktu untuk bekerja sebelum mendapatkan pendamping yang sesuai dengan kriterianya. Namun berbeda bagi wanita pedesaan. Ketika mereka sudah selesai menempuh pendidikannya dibangku sekolah, apalagi sudah bekerja, mereka pasti bertekad untuk segera menikah.
Bagi perempuan di desa, pertanyaan kapan nikah ? sudah menjadi hal yang kerap di tanyakan banyak orang. Bahkan pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh orang-orang terdekatnya, sehingga pertanyaan seperti itu sangat riskan bagi mereka. Kenapa sangat riskan ? karena setiap wanita disana memiliki asumsi bahwa menikah di atas usia 25 tahun sangat tidak ideal. Mereka yang belum menikah sampai usia 25 tahun kerap kali disebut sebagai perawan tua. Selain sebutan itu para gadis juga sering berpikir paranoid ketika ada yang bertanya kapan nyusul ?. Teman kamu sih sudah punya anak tuh !”. Mereka pasti sering bertanya kepada dirinya sendiri apakah saya tidak laku sehingga tidak menikah-menikah? dan banyak lagi yang lainnya.
Jujur saja bagi saya pun pertanyaan kapan menikah ? adalah pertanyaan yang cukup menggalaukan pribadi saya. Mungkin berbeda rasanya jika pertanyaan tersebut di tanyakan pada saat kita sudah memiliki calon pendamping. Ini juga yang kerap kali mengganggu pikiran para mahasiswa/i tingkat akhir seperti saya. Bukan hanya skripsi yang membuat galau, tetapi pertanyaan “kapan menikah” juga cukup bikin galau. Karena kita bukan hanya di tuntut untuk lulus tepat waktu, tetapi kita juga terkadang malu ketika ada yang menyinggung tentang pendamping wisuda. Misalnya “selain orang tua, pendamping spesial siapa nih ?”. Nah galaukan...?. Tapi tenang kali ini saya akan memberikan tips jitu menjawab pertanyaan kapan nikah ?. berikut tips nya.
Beri senyuman termanis
Dari pada kesal yang tiada ujungnya ketika ditanya kapan nikah, mending senyumin aja. Senyum kan ibadah, senyum juga bikin awet muda loh J.
Beri jawaban sedikit bijak
Berilah jawaban sebijak mungkin. Kamu boleh mengutip perkataan seorang motivator ulung yang sering berlalu lalang di stasiun televisi. Misalnya “Ya, Jodoh nanti juga pasti datang diwaktu yang tepat !” atau “Rahasia Allah tentang jodoh kita itu lebih indah dari pada rencana kita”.
Tanya balik
Ini adalah jawaban paling jitu untuk menjawab pertanyaan kapan nikah. Jika yang bertanya sama-sama belum menikah, kamu bisa bertanya balik dengan pertanyaan yang sama. Namun jika orang tersebut sudah menikah, kamu bisa bertanya dengan pertanyaan “kapan kamu punya momongan ?”.
Doain aja, ya ...
Ini adalah jawaban yang sangat religious menurut saya. Dengan ini mereka yang suka terus-terusan mencecar kita dengan pertanyaan, akan berhenti bertanya dan tersenyum malah mendoakan kita. Dan tugas kita untuk menjawab selesai dehJ ☺☺
Cuekin aja
Tips selanjutnya adalah cuekin aja. Bagi orang yang memiliki perangai sopan agak sedikit susah untuk bersikap cuek terhadap sebuah pertanyaan. Tapi coba deh pasti mereka akan berhenti bertanya. Tapi jangan sampai menyinggung perasaannya ya.
Pasang wajah serius
Ini salah satu cara yang sangat ampuh dan cukup mengejutkan bagi sebagian orang yang mengenal kamu adalah seorang yang santai. Biasanya cara ini dilakukan jika sudah terlalu baper dan lelah dengan pertanyaan kapan nikah.
Pergi tinggalkan si penanya.
Jika kamu sudah tidak tahan lagi dengan pertanyaan kapan nikah yang terus di tanyakan pada saat kamu bertemu dengan dia, mending tinggalin aja ya...walau ini menjadi pilihan yang paling menyakitkan.
Mungkin itu sedikit tips jitu menjawab pertanyaan kapan nikah yang bisa sedikit membantu kalian. Semoga bermanfaat.

** Tentang Penulis

Perempuan kelahiran Cirebon tahun 1995 ini, lulus kuliah dari Fakultas Tarbiyah IAI BBC, dengan pilihan program studi PGMI. Penulis pernah menamatkan sekolah menengah atas di MA Tarbiyatul Muta’allimin Pasawahan.

Comments

Popular posts from this blog

Biografi Lengkap Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

Biografi Lengkap Arip Amin

Soal UAS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan STKIPM Kuningan