Skripsi Pendidikan Biologi, Penggunaan Multimedia Tutorial pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMA

Skripsi Pendidikan Biologi, Penggunaan Multimedia tutorial pada Materi Sistem Sirkulasi Manusia untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa di Kelas XI SMA
 Abstrak: Tita Nurhayati
Skripsi Pendidikan Biologi

Proses belajar mengajar tidak lepas dari interaksi guru dengan siswa, dimana interaksi tersebut bertujuan agar siswa mampu memahami apa yang disampaikan oleh guru dan bisa mencapai hasil yang diinginkan. Kemajuan teknologi komputer saat ini berkembang sangat pesat, sehingga software-software yang terdapat di dalam komputer mampu membuat multimedia pembelajaran yang sangat menarik. Multimedia yang menggabungkan dua unsur atau lebih yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioprasikan oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Multimedia tutorial merupakan program yang didesain untuk berperan sebagai tutor siswa dan berisi penyajian konsep materi pembelajaran, gambar, video serta latihan-latihan yang digunakan langsung oleh pengguna.

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji aktivitas siswa yang menggunakan pembelajaran multimedia tutorial dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran multimedia tutorial pada materi sistem sirkulasi manusia; (2) untuk mengkaji perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran multimedia tutorial dengan siswa yang tidak menggunakan pembelajaran multimedia tutorial pada materi sistem sirkulasi manusia; (3) dan untuk mengkaji respon siswa terhadap pembelajaran biologi dengan menggunakan multimedia tutorial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah  eksperimen dengan model penelitian pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 288 siswa kelas XI SMA Negeri 5 Cirebon. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa dan kelas XI MIA 5 sebaagi kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa.
Analisis data hasil penelitian diketahui bahwa: (1) rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen 0.59 sedangkan pada kelas kontrol 0.28, (2) hasil pengujian prasyarat uji beda dilakukan dengan uji independent sample t test dengan perolehan nilai 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga hipotesis awal Ho ditolak.
Analisis hasil pengamatan diketahui bahwa: (1) terdapat kenaikan aktivitas siswa yang signifikan pada kelas eksperimen daripada kenaikan aktivitas siswa pada kelas kontrol, (2) adanya perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol, (3) adanya respon yang sangat kuat terhadap penggunaan multimedia tutorial.

Kata Kunci : Multimedia, tutorial, hasil belajar.

(Bagi rekan-rekan mahasiswa yang mau nyusun skripsi Pendidikan Biologi dan variabel ini dianggap jadi bahan penelitian relevan mangga Download BAB I disinih, BAB III disinih, dan Lampiran-lampiran disinih.)

Comments

Popular posts from this blog

Biografi Lengkap Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

Biografi Lengkap Arip Amin

Soal UAS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan STKIPM Kuningan