Adakah Mahasiswa Ideal ?


Mahasiswa Ideal
Kejadian masa lalu adalah sebuah proses yang perlu kita simak kembali karena banyak hikmah untuk kita jadikan referensi kehidupan. Ketika kita duduk dalam bangku pendidikan formal dengan laga dan statusnya mahasiswa merasa sangat paling gagah di lingkungan masyarakat. Sebuah hal yang wajar dan itu hak serta idealis mahasiswa.

Perguruan tinggi memberikan tuntutan kepada mahasiswanya bahwa ada tiga hal yang harus dilakukan ketika menjadi seorang mahasiswa. Melaksanakan pendidikan sesuai dengan sistem yang di atur oleh perguruan tinggi. Melaksanakan penelitian terhadap sesuatu hal yang menjadikan bahan ilmiah untuk diciptakan sesuatu hal yang baru atau membenarkan sesuatu yang sudah pernah ada. Pengabdian kepada masyarakat sebagai keharusan yang menjadi tolak ukur seseorang dalam proses mencari ilmu dan melakukan penelitiannya.

Bagaimana kita untuk menjadi seorang mahasiswa yang di anggap produktif untuk selayaknya disebut mahasiswa yang ideal. Katakanlah mencapai keidealan mahasiswa, bukan keidealisan mahasiswa karena hal tersebut sudah menjadi ciri mahasiswa.
Ideal itu menurut peresfektif sebagian orang merupakan kegiatan sesuatu hal dengan perannya. Jangan di katakan bahwa mahasiswa itu hanya hidup di wilayah kampus saja. Pengabdian kepada masyarakat juga sangat di harapkan di lingkungannya.
Namanya juga mahasiswa, tingkatan yang lebih tinggi dari siswa. Apa yang di maksud dengan lebih tinggi dari siswa. tentu saja pola pikir dan sikap seseorang untuk menuju kedewasaan yang sebenarnya. mampu kritis dalam setiap hal yang terjadi. mampu menganalisis dan memberikan peran yang baik serta solusi yang sedang dihadapi.
Penunjang itu ternyata dapat mahasisa didapatkan ketika semasa mahasiswa aktif di beberapa organisasi yang ada di sekitarnya. baik itu organisasi yang sifatnya intra kampus atau yang bersipat ekstra kampus. Kenapa perlu berorganisasi.? Wadah pergaulan dimana kumpulan intelektual ada disana. Belajar bersikap dan memenej seuatu hal yang di rencanakan.
ketika status mahasiswanya menjadi seorang akademisi yang menjadikan kaum intelek. aktif di organisasi yang mampu menjalankan segala sesuatu yang di rencanakan. ke dua hal tersebut harus dimilik mahasiswa untuk mendapat keseimbangan menjadi Mahasiswa Ideal

Oleh : Karim Pamela

Comments

Popular posts from this blog

Biografi Lengkap Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

Biografi Lengkap Arip Amin

Soal UAS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan STKIPM Kuningan