5 Tips Sukses Menyambut Kedatangan DOC Broiler di Kandang

 Menyambut Kedatangan DOC Broiler di Kandang

5 Tips Sukses Menyambut Kedatangan DOC Broiler

Kali ini saya akan coba memberikan paparan tentang bagaimana mempersiapkan kedatangan DOC atau Day Old Chicken di kandang. Hal ini sangat penting bagi peternak untuk menyiapkan sebaik dan sebenar mungkin karena bagaimanapun gagal atau berhasilnya produksi ayam broiler akan sangat dipengaruhi oleh hal ini. Berikut 5 tips sukses menyambut kedatangan DOC broiler.

Triyans Perkasa Utama Putera (TPUP)

Pertama, Pastikan Jenis Merek DOC yang anda pesan, dikirim dari daerah mana? Hal ini penting karena kita perlu menghitung jarak perjalanan DOC berapa lama diperjalanan. Biasanya cepat tidaknya DOC datang ke kandang kita juga akan dipengaruhi oleh banyaknya pesanan. Kalau pesanan kita sedikit bisa jadi supir ekspedisi akan mendahulukan pengiriman ketempat yang lebih banyak pesanannya, sementara pesanan kita akan diakhirkan. Kalau jarak yang dekat, pesanan banyak Biasanya DOC datang antara pukul 22.00 -05.30 WIB. Sementara yang pesanan sedikit dan jaraknya jauh terkadang datang sianghari antara pukul 09 – 14.00 WIB.

Triyans Perkasa Utama Putera (TPUP)

Kedua, Siapkan tempat pengopenan (ruang pemanasan DOC) dengan jumlah per meter persegi untuk 60 ekor DOC. Misal kita pesan 3.000 ekor/ 60 = 50 meter persegi, kalau lebar kandang 5 m maka = 5 x 10 m panjang = 50 M, itulah ruang pengopenan yang harus kita siapkan, dengan sekam secukupnya dan diatasnya hamparkan koran bekas atau jenis lain berbahan kertas agar DOC ditebar tidak mengkonsumsi sekam.


Ketiga, siapkan godogan air gula merah (nira) untuk konsumsi minum DOC pertama datang, air gula merah dicampur dengan air putih matang agar tidak terlalu manis atau terlalu hambar, kira-kira sama manisnya dengan rasa jambu (amis beunying dalam bahasa Sunda), diberikan selama kurang lebih 30 menit hingga satu jam, sampai semua DOC meminumnya. Air gula ini sangat penting untuk konsumsi pertama apalagi DOC terlambat datang, untuk mengatasi dan mencegah terjadinya dehidrasi (kekurangan cairan) karena lama diperjalanan (jangan terlalu manis dan terlalu lama, karena akibatnya DOC bisa mengalami mencret).

Triyans Perkasa Utama Putera (TPUP)

Keempat, Saat DOC datang alangkah baiknya tidak langsung ditebar, dicek terlebih dahulu jumlah pesanan dan jumlah ekoran DOC barangkali tidak sesuai pesanan atau alangkah lebih baiknya sedikit mengheningkan cipta, meminta permohonan ampunan, pertolongan dan perlindungan dari Sang Maha Pencipta, agar usaha peternakan yang kita jalani memperoleh keberkahan-Nya). Buka dulu semua tutup box DOC untuk memberikan ruang adaptasi DOC terhadap lingkungan dan suhu yang ada didalam kandang jangan sampai mengalami stress gara-gara gagal adaptasi.


Kelima, Selama minimal 4 hari hingga 8 hari berturut-turut, air minum yang dikonsumsi ayam diutamakan air yang matang (digodog terlebih dahulu) untuk membunuh bakteri, kuman, parasit atau virus yang datang dari air. Memang hal ini sedikit merepotkan peternak karena harus merebus air terlebih dahulu atau sedikit membengkakkan Biaya Operasional karena beli Kayu bakar atau gas. Ya kalau hasilnya akan lebih baik, lebih menguntungkan kenapa tidak anda coba lakukan.

Selamat mencoba, semoga produksi ayam Broiler anda benar-benar memberikan keuntungan besar.

Arip Amin, 14/08/16

Comments

Popular posts from this blog

Biografi Lengkap Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

Biografi Lengkap Arip Amin

Soal UAS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan STKIPM Kuningan