5 Tips Dasar Sukses Melakukan Proses Pengopenan Ayam Broiler

Triyans Perkasa Utama (TPUP)

5 Tips Dasar Sukses Melakukan Proses Pengopenan 0-18 Hari

Setelah berbagi tips atas pengalaman saya mendirikan kandang ayam broiler, 5 Tips sukses menyambut kedatangan DOC di kandang, berikut ini saya akan berbagi lagi terkait bagaimana anda melakukan proses pengopenan di usia ayam broiler 0-18 hari ? berikut ini 5 Tips Dasar Sukses Melakukan Proses Pengopenan Ayam Broiler.


Pertama, Proses pengopenan akan menjadi faktor utama gagal tidaknya produksi ayam broiler  - hal ini bukan berarti aspek sarana, prasarana dan jenis DOC harus diabaikan – tetapi proses pengopenan menjadi sangat vital. Kalau anda gagal melakukan pengopenan, maka ayam broiler anda tidak akan tumbuh besar sesuai dengan harapan sesuai deng kalkulasi FC dan IP yang baik, malahan ayam anda akan menjadi ayam Torolok (gagal produksi karena usia tidak sesuai dengan bobot yang benar)

Kedua, Anda bisa menentukan pilihan bahan pengopenan; apakah menggunakan tungku batu bara, tong tungku kayu bakar / tahi gergaji kayu keras (mahoni dls.) atau bisa menggunakan gas (semawar) pada proses pengopenan. Semua anda tentukan berdasarkan kesiapan dan kesanggupan ketersediaan bahan yang dimiliki, epektif efisien dari sisi produksi, artinya kalau kandang anda berada di sebuah kampung atau plosok desa, mungkin model pengopenan dengan bahan kayu bakar akan lebih murah, maksimal menggunakan bahan batu bara. Kalau daerah peternakan anda sedikit agak kekota, pilihan menggunakan semawar akan lebih baik, karena bahan Gas akan sangat mudah diperoleh, agar pengopenan tidak terputus gara-gara kehabisan bahan bakarnya.

Triyan Perkasa Utama Putera  (TPUP)

Ketiga, Selalu perhatikan kadar suhu didalam ruangan pengopenan. Hal ini penting karena ayam broiler membutuhkan suhu panas yang berkesinambungan atau stabil, baik siang maupun malam hari berkisar antara minimal 28C maksimal 34C (lihat dan sesuaikan dengan kondisi ayam, kalau menumpuk dekat tungku berarti kedinginan alias kurang panas). Hindari hal ini karena bisa menjadi penyebab gagalnya proses pemecahan sel dalam tubuhnya, atau menjauh dari openan dengan posisi menganga, berarti terlalu panas. Hindari hal terakhir ini karena bisa mengakibatkan stress yang terjadi karena panas yang berlebihan (heatstress).

Triyans Perkasa Utama Putera (TPUP)

BACA JUGA Tips Mendirikan Kandang Ayam Broiler

Keempat, Gunakan alat pengukur suhu. Bisa anda beli di tokok-toko yang menjual alat alat farm broiler terdekat atau tempat lainnya yang menyediakan. Kisaran suhu yang dibutuhkan didalam kandang sangat tergantung pada jenis DOC. Konyolnya setiap periode penanaman, karakter DOC tidak sama walaupun jenis merek sama, inilah yang barangkali peternak sering berkata “tidak ada peternak yang hebat dan jago dalam produksi ayam Broiler, melainkan peternak yang memiliki pengalaman dengan watak tekun, ulet tanggungjawab yang baik dan benar dalam menjalankan peternakannya, itulah yang kita butuhkan”.

Kelima, Pantau setiap saat proses pengopenan ayam broiler untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (kebakaran yang diakibatkan karena tungku pemanas, kehabisan bahan bakar pemanas, atau kehabisan ransum makan dan minuman ayam, serta jangan sampai terlambat melakukan pelebaran tempat pengopenan). Sarankan kepada peternak atau anak kandang, bila perlu selama proses pengopenan anak kandang berada di area dekat kandang.

Selamat mencoba tips dasar ini, semoga produksi ayam Broiler anda benar-benar memberikan keuntungan yang tergolong barokah.


AripAmin, 14/08/16

Comments

Popular posts from this blog

Biografi Lengkap Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

Biografi Lengkap Arip Amin

Soal UAS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan STKIPM Kuningan