Ilmu Pendidikan Islam - RPS Prodi PAI IAI Bunga Bangsa Cirebon 2016

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Proses pembelajaran IPI IAI BBC
doc. Awing 04/10/16 IAI BBC

MATA KULIAH   : ILMU PENDIDIKAN ISLAM
BOBOT                    : 2 SKS
PRODI                     : PAI
SEMESTER             : VII
BACA JUGA:  SILABUS TEKNOLOGI PENDIDIKAN

KOMPETENSI       : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami konsepsi dasar tentang berbagai komponen dan aspek pendidikan sehingga dengan pengetahuan tersebut mereka mampu menyoroti, menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalah di bidang pendidikan.


BACA JUGA: DISAIN KURIKULUM

Pert. Ke
Topik Bahasan
Indikator
Metode
Media
Sumber Ref.
1
Kontrak Belajar
1.       Menjelaskan manfaat mempelajari Ilmu Pendidikan Islam dan kaitannya dengan mata kuliah lain serta hubungannya dengan profesi yang akan ditekuni
2.       Menjelaskan deskripsi mata kuliah
3.       Menjelaskan capaian pembelajaran
4.       Menjelaskan organisasi materi perkuliahan
5.       Menjelaskan strategi perkuliahan
6.       Menjelaskan materi/ bahan bacaan perkuliahan
7.       Menjelaskan tugas-tugas
8.       Menjelaskan kriteria penilaian/ evaluasi
9.       Menjelaskan jadual perkuliahan
10.    Menjelaskan tata tertib perkuliahan
2
Pengertian dan hakekat pendidikan
·         Dapat menjelaskan konsep manusia dalam pendidikan
·         Dapat mendeskripsikan pendidikan dan pendidikan Islam
·         Dapat Menjelaskan peran pendidikan bagi perkembangan peradaban masyarakat
Discovery Learning (mencari, mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan suatu pengetahuan)
Laptop
Power Point
LCD
Materi, buku, surat kabar, paper dll
Usman Abu Bakar dan Jajar Darojat, Pendidikan Islam Pluralis-multikultural
Hasan Langgulung, Manusi dan Pendidikan.
Nurani Soyomukti, Teori-teori Pendidikan
3
Pendidikan Sebagai Ilmu
·         Dapat mendeskripsikan epistimologi, terminologi pendidikan
·         Dapat menjelaskan keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan dalam pendidikan
·         Dapat menjelaskan peran pendidikan bagi perkembangan ilmu dan ilmu pengetahuan
Cooperative Learning (membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas yang diberikan secara berkelompok)
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
Nurani Soyomukti, Teori teori pendidikan
Paulo Friere. Pendidikan Pembebasan (terjemahan)
Jujun S. Sumantri. Pengantar Filsafat
4
Dasar, Tujuan, Visi, Misi dan Fungsi Pendidikan
·         Dapat memahami konsep pendidikan dan pendidikan nasional secara komprehensif dan kritis
·         Dapat menggunakan konsep dan teori sebagai bahan untuk menganalisis fakta pendidikan Nasional
Contextual Instruction (membahas konsep/ teori kaitannya dengan situasi nyata mempelajari kesesuaian teori dan fakta realitas
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
UU no. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
Paulo Friere. Pendidikan Pembebasan (terjemahan)
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam
5
Pendidikan Sebagai Sistem
·         Dapat mengklasifikasikan dan membedakan antara pendidikan sebagai suatu sistem, paradigma dan pemikiran
·         Dapat memahami dan menjelaskan sistem pendidikan Nasional
Contextual Instruction (membahas konsep/ teori kaitannya dengan situasi nyata mempelajari kesesuaian teori dan fakta realitas
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
Azyumardi Azra. Pendidikan Islam
Paulo Friere. Pendidikan Pembebasan (terjemahan)
Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam
6
Faktor-faktor Pendidikan
·         Dapat memahami faktor-faktor pendukung dalam pendidikan
·         Dapat mengklasifikasikan pendidikan keluarga, masyarakat dan sekolah
Discusion, Contextual Instruction (membahas konsep/ teori kaitannya dengan situasi nyata mempelajari kesesuaian teori dan fakta realitas
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
Umiarso dan Zamroni, Pendidikan pembebasan dalam prespektif Barat dan Timur
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan
Hujair Ah. Sanaky,  Paradigma Pendidikan Islam
7
Pembawaan dan Lingkungan dalam Pendidikan
·         Dapat menjelaskan aliran aliran dalam pendidikan, faktor pembentuk karakter
·         Dapat mengklasifikasikan faktor pembawaan dan faktor lingkungan dalam pendidikan
Discusion, Contextual Instruction (membahas konsep/ teori kaitannya dengan situasi nyata mempelajari kesesuaian teori dan fakta realitas
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
Ali Rohmad, Kapita selekta pendidikan
Binti Ma’unah, Landasan pendidikan
Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam
8
Taksonomi Pendidikan
·         Dapat menjelaskan Taksonomi pendidikan dan pendidikan Islam
·         Dapat mendeskripsikan Taksonomi tujuan pendidikan, dan pendidikan Islam menurut para pakar pendidikan
Discusion, Contextual Instruction (membahas konsep/ teori kaitannya dengan situasi nyata mempelajari kesesuaian teori dan fakta realitas
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
William F. O’neil. Ideologi ideologi pendidikan
Achmadi. Ideologi Pendidikan Islam
Usman Abu Bakar dan Jajat Darojat. Pendidikan Islam Pluralis-multikultural
UTS
10
Pusat-pusat dan Lembaga Pendidikan
·         Dapat menjelaskan sejarah perkembangan pendidikan dan pendidikan Islam
·         Dapat menjelaskan sejarah timbulnya lembaga pendidikan dan perkembangan madrasah dan pusat pendidikan Nasional
Discusion, Colaborative Learning
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
Kareel A. S. Sekolah, Madrasah dan Pesantren
Azyumardi Azra. Pendidikan Islam
11
Pendidikan Paradigmatik/ Aliran aliran dalam Pendidikan
·         Dapat menjelaskan epistimologi paradigma dan aliran dalam pendidikan
·         Dapat mendeskripsikan aliran-aliran dan paradigma pendidikan Islam
Discusion, Colaborative Learning
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
William F. O’neil. Ideologi ideologi pendidikan
H.A.R. Tilaar. Kekuasaan dan pendidikan/ Paradigma Pendidikan Nasional
Joy A Palmer. 50 Pemikir paling berpengaruh terhadap dunia pendidikan modern
12
Demokrasi Pendidikan
·         Dapat menjelaskan konsep demokrasi pendidikan
·         Dapat memahami dan mempraktekkan konsep demokrasi dalam proses pendidikan
·         Dapat menjelaskan perbedaan politik pendidikan dengan pendidikan politik
Discusion, Colaborative Learning
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
Paulo Friere. Pendidikan Pembebasan (terjemahan)
Mansur Fakih. Pendidikan Populer
Nurani Soyomukti. Metode pendidikan Marxis Sosialis
13
Inovasi Pendidikan
·         Dapat mengeksplorasi ide pemikiran dalam pendidikan, pembelajaran dan keilmuan
·         Dapat mengembangkan model pendidikan yang inovatif dan kreatif
Discusion, Colaborative Learning
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
Mochtar Buchori. Pendidikan antisipatoris
Bashori Muhsin dkk. Pendidikan Islam Humanistik
H.A.R. Tilaar. Pendidikan kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia
14
Pendidikan Transformatif
·         Dapat menjelaskan berbagai tinjauan tentang landasan pendidikan
·         Dapat menjelaskan pendidikan kritis transpormatif
·         Dapat menjelaskan paradigma pendidikan transformatif
Discusion, Colaborative Learning
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
Muhammad Karim. Pendidikan kritis transformatif
Musthofa R. Pendidikan Transformatif
15
Sistem Pendidikan Nasional
·         Dapat memahami kebijakan pendidikan Nasional
·         Dapat menjelaskan konsep pelaksanaan pendidikan Nasional
·         Dapat menganalisis perkembangan pendidikan Nasional
Discusion, Colaborative Learning
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
Rian Nugroho. Kebijakan pendidikan unggul
H.A.R. Tilaar. Kekuasaan dan pendidikan/ Paradigma Pendidikan Nasional
16
Isu-isu Pendidikan
·         Dapat menganalisis dan mendeskripsikan isu-isu yang berkembang dalam persoalan pendidikan
·         Dapat menjelaskan pendidikan berbasis pada problem solving sosial masyarakat
·         Dapat mengkritisi perkembangan dan pelaksanaan pendidikan Nasional
Discusion, Colaborative Learning
Laptop
PPT,
LCD
Materi, Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
Moh. Yamin. Menggugat pendidikan Indonesia
Sutrisno dan Muhyidin Albarobis. Pendidikan Islam berbasis problem sosial
Omi Intan Naomi. Menggugat pendidikan
Ma’ruf. Liberalisasi pendidikan
UAS
Cirebon, 12-06-2016
Ketua Prodi                                                                          Dosen Pengampu Pengganti
Manajemen Pendidikan Islam

Dian Widiantari, M.Ag                                                      Arip Amin, M.Pd

Comments

Popular posts from this blog

Biografi Lengkap Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

Soal UAS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan STKIPM Kuningan

Paradigma Terbalik