Ilmu Pendidikan Islam - RPS Prodi PAI IAI Bunga Bangsa Cirebon 2016
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
doc. Awing 04/10/16 IAI BBC
MATA
KULIAH : ILMU PENDIDIKAN ISLAM
BOBOT : 2 SKS
PRODI : PAI
SEMESTER : VII
BACA JUGA: SILABUS TEKNOLOGI PENDIDIKANBACA JUGA: DISAIN KURIKULUM
Pert. Ke
|
Topik Bahasan
|
Indikator
|
Metode
|
Media
|
Sumber Ref.
|
1
|
Kontrak
Belajar
|
1. Menjelaskan
manfaat mempelajari Ilmu Pendidikan Islam dan kaitannya dengan mata kuliah
lain serta hubungannya dengan profesi yang akan ditekuni
2. Menjelaskan
deskripsi mata kuliah
3. Menjelaskan
capaian pembelajaran
4. Menjelaskan
organisasi materi perkuliahan
5. Menjelaskan
strategi perkuliahan
6. Menjelaskan
materi/ bahan bacaan perkuliahan
7. Menjelaskan
tugas-tugas
8. Menjelaskan
kriteria penilaian/ evaluasi
9. Menjelaskan
jadual perkuliahan
10. Menjelaskan tata
tertib perkuliahan
|
|||
2
|
Pengertian
dan hakekat pendidikan
|
·
Dapat menjelaskan konsep manusia dalam pendidikan
·
Dapat mendeskripsikan pendidikan dan pendidikan Islam
·
Dapat Menjelaskan peran pendidikan bagi perkembangan
peradaban masyarakat
|
Discovery
Learning (mencari, mengumpulkan dan menyusun informasi untuk mendeskripsikan
suatu pengetahuan)
|
Laptop
Power
Point
LCD
Materi,
buku, surat kabar, paper dll
|
Usman
Abu Bakar dan Jajar Darojat, Pendidikan Islam Pluralis-multikultural
Hasan
Langgulung, Manusi dan Pendidikan.
Nurani
Soyomukti, Teori-teori Pendidikan
|
3
|
Pendidikan
Sebagai Ilmu
|
·
Dapat mendeskripsikan epistimologi, terminologi
pendidikan
·
Dapat menjelaskan keterkaitan antara ilmu pengetahuan
dan ilmu pengetahuan dalam pendidikan
·
Dapat menjelaskan peran pendidikan bagi perkembangan
ilmu dan ilmu pengetahuan
|
Cooperative
Learning (membahas dan menyimpulkan masalah/ tugas yang diberikan secara
berkelompok)
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
Nurani
Soyomukti, Teori teori pendidikan
Paulo
Friere. Pendidikan Pembebasan (terjemahan)
Jujun
S. Sumantri. Pengantar Filsafat
|
4
|
Dasar,
Tujuan, Visi, Misi dan Fungsi Pendidikan
|
·
Dapat memahami konsep pendidikan dan pendidikan
nasional secara komprehensif dan kritis
·
Dapat menggunakan konsep dan teori sebagai bahan
untuk menganalisis fakta pendidikan Nasional
|
Contextual
Instruction (membahas konsep/ teori kaitannya dengan situasi nyata
mempelajari kesesuaian teori dan fakta realitas
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
UU
no. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas
Paulo
Friere. Pendidikan Pembebasan (terjemahan)
Achmadi,
Ideologi Pendidikan Islam
|
5
|
Pendidikan
Sebagai Sistem
|
·
Dapat mengklasifikasikan dan membedakan antara
pendidikan sebagai suatu sistem, paradigma dan pemikiran
·
Dapat memahami dan menjelaskan sistem pendidikan
Nasional
|
Contextual
Instruction (membahas konsep/ teori kaitannya dengan situasi nyata
mempelajari kesesuaian teori dan fakta realitas
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
Azyumardi
Azra. Pendidikan Islam
Paulo
Friere. Pendidikan Pembebasan (terjemahan)
Achmadi,
Ideologi Pendidikan Islam
|
6
|
Faktor-faktor
Pendidikan
|
·
Dapat memahami faktor-faktor pendukung dalam
pendidikan
·
Dapat mengklasifikasikan pendidikan keluarga,
masyarakat dan sekolah
|
Discusion,
Contextual Instruction (membahas konsep/ teori kaitannya dengan situasi nyata
mempelajari kesesuaian teori dan fakta realitas
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
Umiarso
dan Zamroni, Pendidikan pembebasan dalam prespektif Barat dan Timur
Hasan
Langgulung, Manusia dan Pendidikan
Hujair
Ah. Sanaky, Paradigma Pendidikan Islam
|
7
|
Pembawaan
dan Lingkungan dalam Pendidikan
|
·
Dapat menjelaskan aliran aliran dalam pendidikan,
faktor pembentuk karakter
·
Dapat mengklasifikasikan faktor pembawaan dan faktor
lingkungan dalam pendidikan
|
Discusion,
Contextual Instruction (membahas konsep/ teori kaitannya dengan situasi nyata
mempelajari kesesuaian teori dan fakta realitas
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
Ali
Rohmad, Kapita selekta pendidikan
Binti
Ma’unah, Landasan pendidikan
Achmadi.
Ideologi Pendidikan Islam
|
8
|
Taksonomi
Pendidikan
|
·
Dapat menjelaskan Taksonomi pendidikan dan pendidikan
Islam
·
Dapat mendeskripsikan Taksonomi tujuan pendidikan,
dan pendidikan Islam menurut para pakar pendidikan
|
Discusion,
Contextual Instruction (membahas konsep/ teori kaitannya dengan situasi nyata
mempelajari kesesuaian teori dan fakta realitas
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
William
F. O’neil. Ideologi ideologi pendidikan
Achmadi.
Ideologi Pendidikan Islam
Usman
Abu Bakar dan Jajat Darojat. Pendidikan Islam Pluralis-multikultural
|
UTS
|
|||||
10
|
Pusat-pusat
dan Lembaga Pendidikan
|
·
Dapat menjelaskan sejarah perkembangan pendidikan dan
pendidikan Islam
·
Dapat menjelaskan sejarah timbulnya lembaga
pendidikan dan perkembangan madrasah dan pusat pendidikan Nasional
|
Discusion,
Colaborative Learning
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
Kareel
A. S. Sekolah, Madrasah dan Pesantren
Azyumardi
Azra. Pendidikan Islam
|
11
|
Pendidikan
Paradigmatik/ Aliran aliran dalam Pendidikan
|
·
Dapat menjelaskan epistimologi paradigma dan aliran
dalam pendidikan
·
Dapat mendeskripsikan aliran-aliran dan paradigma
pendidikan Islam
|
Discusion,
Colaborative Learning
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
William
F. O’neil. Ideologi ideologi pendidikan
H.A.R.
Tilaar. Kekuasaan dan pendidikan/ Paradigma Pendidikan Nasional
Joy
A Palmer. 50 Pemikir paling berpengaruh terhadap dunia pendidikan modern
|
12
|
Demokrasi
Pendidikan
|
·
Dapat menjelaskan konsep demokrasi pendidikan
·
Dapat memahami dan mempraktekkan konsep demokrasi
dalam proses pendidikan
·
Dapat menjelaskan perbedaan politik pendidikan dengan
pendidikan politik
|
Discusion,
Colaborative Learning
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
Paulo
Friere. Pendidikan Pembebasan (terjemahan)
Mansur
Fakih. Pendidikan Populer
Nurani
Soyomukti. Metode pendidikan Marxis Sosialis
|
13
|
Inovasi
Pendidikan
|
·
Dapat mengeksplorasi ide pemikiran dalam pendidikan,
pembelajaran dan keilmuan
·
Dapat mengembangkan model pendidikan yang inovatif
dan kreatif
|
Discusion,
Colaborative Learning
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
Mochtar
Buchori. Pendidikan antisipatoris
Bashori
Muhsin dkk. Pendidikan Islam Humanistik
H.A.R.
Tilaar. Pendidikan kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia
|
14
|
Pendidikan
Transformatif
|
·
Dapat menjelaskan berbagai tinjauan tentang landasan
pendidikan
·
Dapat menjelaskan pendidikan kritis transpormatif
·
Dapat menjelaskan paradigma pendidikan transformatif
|
Discusion,
Colaborative Learning
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
Muhammad
Karim. Pendidikan kritis transformatif
Musthofa
R. Pendidikan Transformatif
|
15
|
Sistem
Pendidikan Nasional
|
·
Dapat memahami kebijakan pendidikan Nasional
·
Dapat menjelaskan konsep pelaksanaan pendidikan
Nasional
·
Dapat menganalisis perkembangan pendidikan Nasional
|
Discusion,
Colaborative Learning
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
Rian
Nugroho. Kebijakan pendidikan unggul
H.A.R.
Tilaar. Kekuasaan dan pendidikan/ Paradigma Pendidikan Nasional
|
16
|
Isu-isu
Pendidikan
|
·
Dapat menganalisis dan mendeskripsikan isu-isu yang
berkembang dalam persoalan pendidikan
·
Dapat menjelaskan pendidikan berbasis pada problem
solving sosial masyarakat
·
Dapat mengkritisi perkembangan dan pelaksanaan
pendidikan Nasional
|
Discusion,
Colaborative Learning
|
Laptop
PPT,
LCD
Materi,
Buku, surat kabar, jurnal, paper dll
|
Moh.
Yamin. Menggugat pendidikan Indonesia
Sutrisno
dan Muhyidin Albarobis. Pendidikan Islam berbasis problem sosial
Omi
Intan Naomi. Menggugat pendidikan
Ma’ruf.
Liberalisasi pendidikan
|
UAS
|
Cirebon, 12-06-2016
Ketua Prodi Dosen
Pengampu Pengganti
Manajemen Pendidikan Islam
Comments
Post a Comment