Pengaruh Konsep Diri dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru
ABSTRAK

Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; 1) Pengaruh Konsep Diri terhadap Kepuasan
Kerja Guru, 2) Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru, dan 3) Pengaruh Konsep Diri terhadap Iklim
Organisasi guru pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Cirebon Jawa Barat.
Hipotesis penelitian adalah: 1) Terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri
terhadap kepuasan kerja guru; 2) Terdapat pengaruh langsung positif Iklim
Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru; 3) Terdapat pengaruh langsung positif Konsep
Diri terhadap Iklim Organisasi.
Penelitian ini
menggunakan metode survey dengan pendekatan kausal. Target populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh guru PNS pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri
yang ada di Kota Cirebon yang berjumlah 486 orang guru. Namun dikarenakan
dengan segala keterbatasan baik waktu maupun finansial, maka peneliti
menentukan target populasi terjangkau yang dilakukan melalui metode Random Sampling dengan cara diundi, hasilnya yaitu populasi dari guru yang
mengajar di SMA Negeri 7, 5, dan 6 yang mewakili SMA Negeri grade A, B, dan C
sehingga diperoleh target populasi terjangkau sebanyak 160 orang guru. Data
dikumpulkan dengan kuesioner Konsep Diri (koefisiensi α > 0,05), kuesioner Iklim
Organisasi (Koefisiensi α > 0,05), dan kuesioner Kepuasan Kerja Guru
(koefisiensi α > 0,05). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan
inferensial sedangkan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis jalur.
Hasil penelitian
menunjukkan: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap
Kepuasan Kerja Guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar
0,747. Besarnya kontribusi variabel X1 terhadap X3
sebesar 55,9 % sedangkan sisanya 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh
Konsep Diri terhadap Kepuasa Kerja Guru ditunjukkan oleh persamaan regresi
3
. Kedua,
terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi terhadap kepuasan kerja
guru. Koefisien korelasi sebesar 0,888. Besarnya kontribusi variabel X2
terhadap X3 sebesar 78,8% sedangkan sisanya 21,2% dipengaruhi oleh
variabel lain. Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru
ditunjukkan melalui garis regresi
3
.
Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Iklim
Organisasi. Koefisiensi korelasi sebesar 0,625. Besarnya kontribusi variabel X1
terhadap X2 sebesar 39% sedangkan sisanya 61% dipengaruhi oleh
variabel lain. Pengaruh konsep diri terhadap Iklim organisasi ditunjukkan
melalui garis regresi
2
.






Model analisis
jalur memiliki kecocokan dengan data dimana, sebesar 55,9% varians di dalam
kepuasan kerja guru (
3)
dapat dijelaskan oleh Konsep Diri (X1), dan sebesar 78,8% kepuasan
kerja guru dapat dijelaskan melalui variabel Iklim Organisasi (X2).
Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa konsep diri dapat mewujudkan
kepuasan kerja guru secara langsung, maupun secara tidak langsung melalui
perwujudan Iklim Organisasi guru yang produktif dan kondusif.

ABSTRACT
Yanto Sugianto. The
Influence of Self Concept and Organization Weather Toward Teachers Job Satisfaction of High School
District at Cirebon City. Theses.
Jakarta: University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,
2012.
This
research aims studying; 1) The influence of school Self Concept toward teachers
job satisfaction, 2) The influence of Organization Weather toward teachers job
satisfaction, 3) the influence of school Self Concept toward Organization
Weather at District
Senior High School at Cirebon
City West Java. The hypotheses are: 1) There will be a direct effect of Self
Concept on teacher’s job satisfaction; 2) There will be a direct effect of Organization Weather on teachers job
satisfaction; 3) there will be a direct effect of Self Concept on teacher’s Organization
Weather.
The
research used survey method with causal approach. The research population were all teachers of
District Senior High School at Cirebon City consist of 468 persons of teacher. Because limited of
finance and time, researcher taken it by used random
sampling from teachers were of District Senior High
School grade A, B, and C, so taken the total target population consist of 160 persons of teacher. Data was collected by Self
Concept questionnaire (coefficient α
> 0.05), Organization Weather
questionnaire (coefficient α > 0.05), and teacher’s job satisfaction questionnaire
(coefficient α > 0.05). Data was analyzed by descriptive and inferential statistics and the
hypothesis was tested by path analysis.
The
results are: First, there is a significant positive direct effect of Self
Concept toward teacher’s job satisfaction. The strange of both shows by
coefficient correlations (P31 = 0.747). The contribution of variabel X1 toward
3
= 55.9% than 44.1% by other variable. The influence self concept to
teacher job satisfaction show by the same of regretion
3
. Second, there is a significant positive direct effect
of Organization Weather on teacher’s job satisfaction. Coefficient correlations
= 0.888. The contribution of variabel X2 toward
3
= 78.8% than 21.2% by other variable. The influence organization weather
toward teacher job satisfaction show
by the line of
regretion
3
. Third, there is a significant positive direct effect
of Self Concept on Organization Weather. Coefficient correlation =0.625. The contribution of variabel X1 toward
2
= 39% than 60% by other variable. The influence of self concept toward
organization weather show by the line
of regretion
2
.









Path
analysis matching with data, that 55.9% in varians of job satisfaction (
3)
explained by self concept (X1),
and 78.8% teacher’s job satisfaction explained by variable of
Organization Weather (X2). The result of research, imply that self
concept can increase teacher’s job satisfaction directly through teacher’s organization
weather, or through produktive
and conducive of teacher’s Organization Weather
indirectly.
