Pengaruh Konsep Diri dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru


ABSTRAK

Pengaruh Konsep Diri dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja GuruYanto Sugianto. Pengaruh Konsep Diri dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Cirebon. Tesis. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis; 1) Pengaruh Konsep Diri terhadap Kepuasan Kerja Guru, 2) Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja  Guru, dan 3) Pengaruh Konsep Diri terhadap Iklim Organisasi guru pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Cirebon Jawa Barat. Hipotesis penelitian adalah: 1) Terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap kepuasan kerja guru; 2) Terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru; 3) Terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Iklim Organisasi.
Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kausal. Target populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri yang ada di Kota Cirebon yang berjumlah 486 orang guru. Namun dikarenakan dengan segala keterbatasan baik waktu maupun finansial, maka peneliti menentukan target populasi terjangkau yang dilakukan melalui metode Random Sampling dengan cara diundi, hasilnya yaitu populasi dari guru yang mengajar di SMA Negeri 7, 5, dan 6 yang mewakili SMA Negeri grade A, B, dan C sehingga diperoleh target populasi terjangkau sebanyak 160 orang guru. Data dikumpulkan dengan kuesioner Konsep Diri (koefisiensi α > 0,05), kuesioner Iklim Organisasi (Koefisiensi α > 0,05), dan kuesioner Kepuasan Kerja Guru (koefisiensi α > 0,05). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial sedangkan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Kepuasan Kerja Guru. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,747. Besarnya kontribusi variabel X1 terhadap X3 sebesar 55,9 % sedangkan sisanya 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh Konsep Diri terhadap Kepuasa Kerja Guru ditunjukkan oleh persamaan regresi 3. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi terhadap kepuasan kerja guru. Koefisien korelasi sebesar 0,888. Besarnya kontribusi variabel X2 terhadap X3 sebesar 78,8% sedangkan sisanya 21,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru ditunjukkan melalui garis regresi 3. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif Konsep Diri terhadap Iklim Organisasi. Koefisiensi korelasi sebesar 0,625. Besarnya kontribusi variabel X1 terhadap X2 sebesar 39% sedangkan sisanya 61% dipengaruhi oleh variabel lain. Pengaruh konsep diri terhadap Iklim organisasi ditunjukkan melalui garis regresi 2.
Model analisis jalur memiliki kecocokan dengan data dimana, sebesar 55,9% varians di dalam kepuasan kerja guru (3) dapat dijelaskan oleh Konsep Diri (X1), dan sebesar 78,8% kepuasan kerja guru dapat dijelaskan melalui variabel Iklim Organisasi (X2). Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa konsep diri dapat mewujudkan kepuasan kerja guru secara langsung, maupun secara tidak langsung melalui perwujudan Iklim Organisasi guru yang produktif dan kondusif.



ABSTRACT
Yanto Sugianto. The Influence of Self Concept and Organization Weather Toward Teachers Job Satisfaction of High School District at Cirebon City. Theses. Jakarta: University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012.

This research aims studying; 1) The influence of school Self Concept toward teachers job satisfaction, 2) The influence of Organization Weather toward teachers job satisfaction, 3) the influence of school Self Concept toward Organization Weather at District Senior High School at Cirebon City West Java. The hypotheses are: 1) There will be a direct effect of Self Concept on teacher’s job satisfaction; 2) There will be a direct effect of Organization Weather on teachers job satisfaction; 3) there will be a direct effect of Self Concept on teacher’s Organization Weather.
The research used survey method with causal approach. The research population were all teachers of District Senior High School at Cirebon City consist of 468 persons of teacher. Because limited of finance and time, researcher taken it by used random sampling from teachers were of District Senior High School grade A, B, and C, so taken the total target population consist of 160 persons of teacher. Data was collected by Self Concept questionnaire (coefficient α > 0.05), Organization Weather questionnaire (coefficient α > 0.05), and teacher’s job satisfaction questionnaire (coefficient α > 0.05). Data was analyzed by descriptive and inferential statistics and the hypothesis was tested by path analysis.
The results are: First, there is a significant positive direct effect of Self Concept toward teacher’s job satisfaction. The strange of both shows by coefficient correlations (P31 = 0.747). The contribution of variabel X­­1 toward ­­3 = 55.9% than 44.1% by other variable. The influence self concept to teacher job satisfaction show by the same of regretion 3. Second, there is a significant positive direct effect of Organization Weather on teacher’s job satisfaction. Coefficient correlations = 0.888. The contribution of variabel X­­2 toward ­­3 = 78.8% than 21.2% by other variable. The influence organization weather toward teacher job satisfaction show by the line of regretion 3. Third, there is a significant positive direct effect of Self Concept on Organization Weather. Coefficient correlation =0.625. The contribution of variabel X­­1 toward ­­2 = 39% than 60% by other variable. The influence of self concept toward organization weather show by the line of regretion 2.

Path analysis matching with data, that 55.9% in varians of job satisfaction (3) explained by self concept (X1), and 78.8% teacher’s job satisfaction explained by variable of Organization Weather (X2). The result of research, imply that self concept can increase teacher’s job satisfaction directly through teacher’s organization weather, or through produktive and conducive of teacher’s Organization Weather indirectly.

Popular posts from this blog

Biografi Lengkap Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

FILSAFAT DAN IDEOLOGI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Soal UAS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan STKIPM Kuningan