Silabus Mata Kuliah Filsafat Pendidikan

SILABUS MATA KULIAH FILSAFAT PENDIDIKAN
STKIP MUHAMMADIYAH KUNINGAN DAN 
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON (UMC)

A.    IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan
Kode                          : -
Kelas                          : PGSD
Bobot SKS                  : 2/3 SKS
Semester                    : Ganjil-Genap (I/II)
Kel. Mata Kuliah      : MKU
Prodi                          : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Dosen                         : Arip Amin, M.Pd


B.     TUJUAN MATA KULIAH
  • Selesai mengikuti perkuliahan ini, diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi: (1) memiliki wawasan pengetahuan yang luas tentang filsafat pendidikan sehingga mampu memberikan pencerahan dalam kehidupan, (2) memahami konsep-konsep dan analisis pendidikan secara sistematis dan obyektif, (3) memiliki dasar pemikiran filosofis dan teoritis mengenai pendidikan dalam lingkup pengajaran makro berlandaskan epistemologis dan lingkup belajar-mengajar mikro berlandaskan interaksi insani, memiliki wawasan yang luas dan dalam mengenai berbagai pandangan fislafat pendidikan, dan (4) mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan yang ditemuinya dalam keseharian pendidikan dan mencarikan jalan keluarnya.


C.    DESKRIPSI
Mata kuliah ini menyajikan bahasan tentang: Pengertian Filsafat Pendidikan, Elemen-elemen pendidikan dalam prespektif filsafat yang meliputi: Institusi pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat), Sumber sumber pendidikan (guru, dan buku ajar), lingkungan pendidikan, Alat pendidikan (Sarpras), Metode pendidikan. Sistematika kajian filsafat pendidikan yang mencakup; Manusi dalam prespektif filsafat, Alam dalam prespektif filsafat, Tuhan dalam prespektif filsafat, Relasi antara Manusia, Alam dan Tuhan dalam presfektif filsafat. Kajian berikutnya membahas tentang manusia sebagai educandum dalam prespektif filsafat pendidikan, Konsep Fitrah manusia dalam prespektif filsafat pendidikan, Pikiran pikiran pokok tentang manusia dalam prespektif filsafat (Pandangan materialisme, idealisme dan dualisme) meliputi kajian; Materialisme berbasis naturalisme yang melahirkan pragmatisme, pragmatisme melahirkan hedonisme. Idealisme berbasis esensialisme yang melahirkan mistisisme. Dualisme sebagai bentuk komparasi antara pandangan materialisme dan idealisme yang mampu melahirkan pherenialisme. Selain itu, mata kuliah filsafat pendidikan ini akan membahas Teori pengetahuan dan nilai dalam prespektif filsafat, dan terakhir yang akan di bahas ialah peningkatan kesempatan dan mutu pendidikan yang adil bagi semua warga negara mencakup isu isu mutakhir tentang problem pendidikan di Indonesia (the issues of education problems). Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep filsafat pendidikan sehingga di masa yang akan datang mahasiswa akan mampu melaksanakan proses pendidikan sejalan dengan landasan filsafat pendidikan.

D.    PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN
Ekspositori dan Inquiri
Metode : Ceramah, presentasi kelompok, tanya jawab, diskusi kelas, pemberian tugas.
Tugas       : Latihan menyusun makalah
Media       : LCD

E.     EVALUASI HASIL BELAJAR
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
Partisipasi Kegiatan Kelas
Tugas dan Latihan Pembuatan Makalah Mandiri dan Kelompok
Kehadiran dalam Perkuliahan
UTS dan UAS

F.   RINCIAN MATERI PERKULIAHAN SETIAP PERTEMUAN
  • Orientasi perkuliahan, penilaian, visi dan misi mata kuliah Filsafat Pendidikan
  • Pengertian Filsafat Pendidikan
  • Elemen elemen pendidikan dalam prespektif filsafat
a.      Institusi pendidikan (keluarga, sekolah, dan masyarakat)
b.      Sumber sumber pendidikan (guru, dan buku ajar)
c.       lingkungan pendidikan
d.     Alat pendidikan (Sarpras)
e.      Metode pendidikan
(Dibagi dua Kelompok)
  • Sistematika kajian filsafat pendidikan

a.      Manusi dalam prespektif filsafat
b.      Alam dalam prespektif filsafat
c.       Tuhan dalam prespektif filsafat
d.     Relasi antara Manusia, Alam dan Tuhan dalam presfektif filsafat
(Dibagi dua kelompok)
  • Manusia sebagai educandum dalam prespektif filsafat pendidikan
  • Konsep Fitrah manusia dalam prespektif filsafat pendidikan
  • Pikiran pikiran pokok tentang manusia dalam prespektif filsafat (Pandangan materialisme, idealisme dan dualisme)
a.      Materialisme - berbasis naturalisme - melahirkan pragmatisme – hedonisme
b.      Idealisme berbasis esensialisme – mistisisme
c.       Dualisme komparasi keduanya melahirkan pherenialisme
(Dibagi dua kelompok)
  • UTS
  • Teori pengetahuan dan nilai prespektif filsafat
  • Peningkatan kesempatan dan mutu pendidikan yang adil bagi semua warga negara
  • Isu isu mutakhir tentang problem pendidikan di Indonesia (the issues of education problems)
  • UAS

F.      DAFTAR BUKU
  • Cecep Sumarna. Filsafat Ilmu. 2010. Bandung. Mulia Press
  • Cecep Sumarna. Revolusi Peradaban. 2009. Bandung. Mulia Press
  • Ahmad Tafsir. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung. Rosdakarya.
  • Gie, The Liang. 2001. Filsafat Ilmu. Yogyakata: Lyberty.
  • Ismaun. 2003. Filsafat Ilmu. Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.
  • Rasyidin, et.al. 2007. Dasar Filsafat Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
  • Sa’dulloh, Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Cirebon,   April  2013

Ttd
Arip Amin, M.Pd

Comments

  1. kunjungan balik gan, sesama materi kuliah PGSD...

    http://kuliahpgsdbjm2010.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Biografi Lengkap Prof. Dr. H. Cecep Sumarna

Soal UAS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan STKIPM Kuningan

Paradigma Terbalik